You are here
Karya Inovatif Mahasiswa
Diorama Siklus Air Media Pembelajaran Diorama Siklus Air ini menyajikan konsep siklus air secara kreatif dan interaktif melalui elemen visual tiga dimensi seperti awan kapas, gunung, laut, dan pepohonan. Proses evaporasi, kondensasi, presipitasi, dan infiltrasi digambarkan dengan jelas menggunakan panah dan label yang memudahkan pemahaman. Dengan tampilan yang menarik dan penggunaan material sederhana namun efektif, diorama ini membuat konsep siklus air yang abstrak menjadi lebih konkret dan mudah dipahami. Alat ini tidak hanya membantu siswa memahami proses alam, tetapi juga membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan memotivasi siswa untuk lebih aktif terlibat.
|
|
Family Tree Family Tree Media pembelajaran family tree merupakan media pembelejaran yang memaparkan berkaitan dengan silsilah keluarga. Family tree menjelaskan silsilah keluarga dalam bentuk bagan atau diagram yang menggambarkan generasi suatu keluarga yang memiliki hubungan kekerabatan. Penggunaan pohon dalam silsilah keluarga bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam memahami struktur keluarga dari segala anggota atau kerabat seseorang.
|
|
Pop Up Book Pengaruh Islam di Indonesia Diorama Klasifikasi Iklim ini menggambarkan hubungan antara ketinggian, iklim, dan jenis tanaman yang tumbuh di berbagai elevasi mulai dari pesisir laut hingga pegunungan dengan ketinggian 2000 meter. Setiap tingkat ketinggian dilengkapi dengan ilustrasi tanaman seperti kelapa di daerah pesisir, padi dan jagung di dataran rendah, hingga teh dan pinus di dataran tinggi, yang membantu siswa memahami perbedaan iklim di berbagai ketinggian. Media ini efektif memvisualisasikan konsep iklim secara menarik dan mudah dipahami membuat pembelajaran tentang pola tanam dan vegetasi lebih interaktif dan mengesankan bagi peserta didik.
|
|
Peta Perdagangan Nusantara Awal Masehi Media pembelajaran “Peta Perdagangan Nusantara Awal Masehi" adalah perangkat media pembelajaran yang menggambarkan rute dan jaringan perdagangan yang berlangsung di kepulauan Nusantara pada awal Masehi. Media ini memvisualisasikan pusat-pusat perdagangan penting, seperti pelabuhan kuno dan jalur laut yang ada di wilayah nusantara. Dengan peta ini, diharapkan siswa dapat memahami dinamika perdagangan pada awal masehi, peran strategis Nusantara sebagai jalur perdagangan maritim, serta pengaruh budaya dan komoditas yang dipertukarkan, seperti rempah-rempah, kain, dan logam, yang membentuk identitas dan kemajuan sosial-ekonomi di Nusantara sejak masa awal masehi.
|
|
Diorama Covid 19 Diorama COVID-19 ini merupakan media pembelajaran yang sangat efektif untuk membantu peserta didik memahami dampak pandemi dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari. Melalui visualisasi gedung-gedung, rumah, kendaraan, dan figur yang menggambarkan berbagai kegiatan seperti bekerja dari rumah, belajar daring, dan peran tenaga kesehatan, diorama ini membuat peserta didik lebih mudah memvisualisasikan situasi nyata selama pandemi. Simbol virus besar yang menggantung di atas kota menyoroti ancaman yang terus ada, sementara kuburan dengan tanda RIP mempertegas besarnya dampak pandemi terhadap kesehatan masyarakat. Fitur interaktif berupa QR code memungkinkan peserta didik untuk menggali informasi lebih lanjut secara mandiri, memberikan pengalaman belajar yang modern dan kontekstual. Secara keseluruhan, diorama ini membantu peserta didik memahami kompleksitas pandemi COVID-19 melalui pendekatan visual yang menarik dan relevan dengan realitas yang mereka alami.
|
|
Media Pop Up Activity Media Pop Up Activity merupakan media pembelajaran yang digunakan untuk memberikan pemahaman mengenai keragaman sosial dan budaya yang ada di masyarakat Indonesia. Pada setiap halaman terdapat gambar dan Pop Up yang menarik sehingga peserta didik tidak mudah bosan. Selain itu, materi yang diberikan dikemas dengan cantik dan menarik sehingga peserta didik dapat memahami materi dengan baik. |
|
Scrap Education Scrap Education merupakan media pembelajaran yang digunakan untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik mengenai bagaimana masyarakat saling berupaya untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Materi didalam SCRAP EDUCATION ini berupa klasifikasi pekerjaan berdasarkan kondisi geografis, sejarah alat tukar dari zaman pra aksara sampai zaman modern saat ini dan juga materi tentang Uang, OJK, Tabungan dan Investasi. Selain itu, juga terdapat materi mengenai bagaimana perilaku manusia mengelola uang dalam memenuhi kebutuhannya. SCRAP Education memberikan gambaran yang komprehensif mengenai dinamika ekonomi dari perspektif kesejarahan hingga perilaku keuangan kontemporer, memfasilitasi peserta didik untuk memahami pentingnya pengelolaan sumber daya dalam kehidupan sehari-hari. |
|
Alat Simulator Erupsi Gunung Berapi Adalah Alat Simulator Erupsi Gunung Berapi sebagai sarana edukasi yang berbentuk gunung berapi yang dapat mengeluarkan lava layaknya gunung berapi sungguhan. Alat ini digunakan dalam proses pembelajaran materi vulkanisme. Dengan alat ini peserta didik dapat memahami proses terjadinya vulkanisme serta dampak yang diakibatkan oleh adanya vulkanisme. Cara Penggunaan Simulator Erupsi Gunung Berapi yaitu: Pertama, siapkan alat simulator erupsi gunung berapi. Kedua, siapkan bahan yang akan digunakan, seperti Fanta atau Coca Cola dan permen mentos. Ketiga, masukkan minuman Fanta atau Coca Cola dan permen mentos ke dalam badan gunung. |
Kontak Kami
Jurusan Pendidikan IPS
Kampus Karang Malang- Yogyakarta
Tel: 0274-548202 (dekanat)
0274-586168 (operator)
Website: https://pendidikan-ips.fishipol.uny.ac.id/
Instagram: @pips_uny
Copyright © 2024,