Anda di sini
Karya Inovatif Mahasiswa
Scroliing picture Scroliing picture merupakan media pembelajaran yang memamaparkan identitas budaya di beberapa provinsi di Indonesia. Media ini tergolong dalam media visual yang interaktif dikarenakan pengguna dapat melihat informasi dengan memutar roll kertas untuk melihat informasi. Media tersebut juga memiliki konsep yang sama seperti dengan media Power Point hanya saja perbedaan terletak pada bentuk di mana media scrolling picture bersifat konvensional, sedangkan Power Point berbentuk digital.
|
|
Miniatur Smart Keragaman Sosial Budaya di Masyarakat Media pembelajaran Miniatur smart merupakan media penunjang dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VII. Media ini digunakan untuk mendukung peserta didik mempelajari materi tentang Keragaman Sosial Budaya yang ada di masyarakat. Miniatur ini terdiri dari beberapa komponen yang mewakili berbagai aspek dari kehidupan masyarakat. Terdapat beberapa miniatur bangunan rumah adat dan tempat ibadah yang disertai dengan penjelasan serta elemen-elemen yang terkait dengan materi. Miniatur ini juga menggambarkan interaksi dan keharmonisan yang terjadi di dalam masyarakat yang beragam. Keseluruhan miniatur ini merupakan media pembelajaran yang efektif untuk memperkenalkan dan menanamkan pemahaman mengenai keragaman sosial budaya di masyarakat kepada peserta didik.
|
|
Media Pembelajaran Truth or Dare Play Card Media pembelajaran truth or dare play card merupakan media pembelajaran berbasis flash card dengan menggunakan metode permainan truth or dare play. Media ini juga dapat diklasifikasikan sebagai alat permainan edukatif di mana media ini digunakan dengan cara bermain sambil belajar. Metode penggunaan media tersebut berbasis truth or dare sehingga membuat permainan menjadi interaktif. Di dalam satu box/set terdapat kartu truth, kartu dare, kartu kunci jawaban, dan kartu petunjuk. Media truth or dare play card menggunakan materi keragaman sumber daya alam sebagai landasan materi dalam media.
|
|
Mono P.IPS Mono IPS Mono IPS merupakan media pembelajaran berbasis alat permainan edukatif yan menyajikan permainan monopoli untuk pembelajaran IPS. Media tersebut menggunakan bahan flexi yang beralaskan kertas karton. Selain itu, terdapat juga dadu, tutup botol sebagai penanda pemain, pertanyaan, dan pernyataan. Permainan tersebut menggunakan materi perjalanan bangsa barat ke Indonesia sebagai dasar materi untuk menggunakan alat permainan tersebut.
|
|
Modul Pembelajaran IPS Modul pembelajaran tersebut merupakan hasil karya dari mahasiswa Departemen Pendidikan IPS yang dirancang sesuai dengan Capaian dan Tujuan Pembelajaran IPS. Di dalam modul tersebut berisikan materi-materi yang penting dan relevan dengan pembelajaran IPS, topik-topik yang dipilih untuk memenuhi kebutuhan pembelajarah peserta didik seperti kelangkaan dan kebutuhan, ASEAN, Mobilitas Sosial, Kedatangan Bangsa-Bangsa Eropa, dan Kali Code “Sebagai Sungai Harapan Kita”. Modul tersebut memiliki fungsi yang baik dalam endukung proses pembelajaran karena tidak hanya menyajikan materi yang komprehensif, namun dilengkapi juga degan latihan soal latihan yang dirancang agar sesuai kemampuan dan Tingkat peserta didik dan bertujuan untuk meningkatkan berpikir kritis serta pemahaman peserta didik terhadap materi-materi yang dipelajari. Dengan demikian, modul ini dapat menjadi media bantu yang efektif s bagai penunjang dalam kegiatan belajar, modul ini merupakan salah satu bentuk inovasi pembelajaran yang dapat memberikan dampak positif terhadap kualitas pembelajaran IPS di jenjang pendidikan SMP.
|
|
Peta Keragaman Alam Peta keragaman alam merupakan salah satu alat peraga pembelajaran IPS yang memaparkan penyebaran sumber daya alam yang ada di Yogyakarta. Dalam memudahkan pengguna dalam mengidentifikasi, media tersebut memaparkan informasi dengan adanya plotting gambar sesuai dengan sumber daya alam yang diletakkan di wilayah tertentu. Selain itu, terdapat pembedaan warna dalam area peta sebagai penanda kabupaten yang ada di Yogyakarta
|
|
Miniatur Masjid Agung Demak Miniatur masjid agung demak merupakan miniatur yang menggambarkan bentuk masjid agung demak yang memiliki ciri khas akulturasi budaya Hindu-Buddha dengan agama Islam. Miniatur tersebut memperlihatkan beberapa detail seperti adanya atap Sirap Kayu tumpang tuga yang melambangkan Iman, Islam, dan Ihsan. Miniatur tersebut dapatb bermanfaat dalam pembelajaran IPS untuk menggambarkan bentuk Masjid Agung Demak sebagai bangunan peninggalan Kerajaan Demak yang bermanfaat dalam menjelaskan materi yang terkait.
|
|
Lembar Kerja Siswa (LKS) Lembar Kerja Siswa (LKS) tersebut merupakan karya mahasiswa Departemen Pendidikan IPS yang dirancang sesuai dengan capaian dan tujuan pembelajaran IPS. Soal-soal dari LKS tersebut memiliki topik-topik yang berbeda sesuai dengan kebutuhan peserta didik dalam pembelajaran IPS yaitu Konflik dan Integrasi Sosial, Interaksi antar negara ASEAN, Pendidikan Bangsa Indonesia Pada Masa Penjajahan, Pemahaman Lokasi Melalui Peta, dan Ekonomi Kreatif. Setiap topik yang dipilih tersebut dipilih dengan mempertimbangkan kebutuhan peserta didik untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam lagi. Di dalam Lembar Kerja Siswa (LKS) tersebut berisikan kumpulan soal-soal yang bertujuan untuk melatih peserta didik, namun setiap soal juga tidak hanya bertujuan untuk menguji pemahaman dasar peserta didik terhadap materi, tetapi juga mengajak mereka untuk berpikir kritis dan lebih mendalam terhadap topik yang dipelajari. Latihan-latihan yang ada di dalamnya dirancang tidak hanya untuk membantu siswa mengingat informasi, tetapi juga untuk memfasilitasi pembelajaran yang lebih dalam, analitis, dan reflektif. Secara keseluruhan, Lembar Kerja Siswa (LKS) ini dapat menjadi alat yang sangat bermanfaat dalam proses pembelajaran IPS.
|
|
Diorama Siklus Air Media Pembelajaran Diorama Siklus Air ini menyajikan konsep siklus air secara kreatif dan interaktif melalui elemen visual tiga dimensi seperti awan kapas, gunung, laut, dan pepohonan. Proses evaporasi, kondensasi, presipitasi, dan infiltrasi digambarkan dengan jelas menggunakan panah dan label yang memudahkan pemahaman. Dengan tampilan yang menarik dan penggunaan material sederhana namun efektif, diorama ini membuat konsep siklus air yang abstrak menjadi lebih konkret dan mudah dipahami. Alat ini tidak hanya membantu siswa memahami proses alam, tetapi juga membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan memotivasi siswa untuk lebih aktif terlibat.
|
|
Family Tree Family Tree Media pembelajaran family tree merupakan media pembelejaran yang memaparkan berkaitan dengan silsilah keluarga. Family tree menjelaskan silsilah keluarga dalam bentuk bagan atau diagram yang menggambarkan generasi suatu keluarga yang memiliki hubungan kekerabatan. Penggunaan pohon dalam silsilah keluarga bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam memahami struktur keluarga dari segala anggota atau kerabat seseorang.
|
|
Pop Up Book Pengaruh Islam di Indonesia Diorama Klasifikasi Iklim ini menggambarkan hubungan antara ketinggian, iklim, dan jenis tanaman yang tumbuh di berbagai elevasi mulai dari pesisir laut hingga pegunungan dengan ketinggian 2000 meter. Setiap tingkat ketinggian dilengkapi dengan ilustrasi tanaman seperti kelapa di daerah pesisir, padi dan jagung di dataran rendah, hingga teh dan pinus di dataran tinggi, yang membantu siswa memahami perbedaan iklim di berbagai ketinggian. Media ini efektif memvisualisasikan konsep iklim secara menarik dan mudah dipahami membuat pembelajaran tentang pola tanam dan vegetasi lebih interaktif dan mengesankan bagi peserta didik.
|
|
Peta Perdagangan Nusantara Awal Masehi Media pembelajaran “Peta Perdagangan Nusantara Awal Masehi" adalah perangkat media pembelajaran yang menggambarkan rute dan jaringan perdagangan yang berlangsung di kepulauan Nusantara pada awal Masehi. Media ini memvisualisasikan pusat-pusat perdagangan penting, seperti pelabuhan kuno dan jalur laut yang ada di wilayah nusantara. Dengan peta ini, diharapkan siswa dapat memahami dinamika perdagangan pada awal masehi, peran strategis Nusantara sebagai jalur perdagangan maritim, serta pengaruh budaya dan komoditas yang dipertukarkan, seperti rempah-rempah, kain, dan logam, yang membentuk identitas dan kemajuan sosial-ekonomi di Nusantara sejak masa awal masehi.
|
|
Diorama Covid 19 Diorama COVID-19 ini merupakan media pembelajaran yang sangat efektif untuk membantu peserta didik memahami dampak pandemi dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari. Melalui visualisasi gedung-gedung, rumah, kendaraan, dan figur yang menggambarkan berbagai kegiatan seperti bekerja dari rumah, belajar daring, dan peran tenaga kesehatan, diorama ini membuat peserta didik lebih mudah memvisualisasikan situasi nyata selama pandemi. Simbol virus besar yang menggantung di atas kota menyoroti ancaman yang terus ada, sementara kuburan dengan tanda RIP mempertegas besarnya dampak pandemi terhadap kesehatan masyarakat. Fitur interaktif berupa QR code memungkinkan peserta didik untuk menggali informasi lebih lanjut secara mandiri, memberikan pengalaman belajar yang modern dan kontekstual. Secara keseluruhan, diorama ini membantu peserta didik memahami kompleksitas pandemi COVID-19 melalui pendekatan visual yang menarik dan relevan dengan realitas yang mereka alami.
|
|
Media Pop Up Activity Media Pop Up Activity merupakan media pembelajaran yang digunakan untuk memberikan pemahaman mengenai keragaman sosial dan budaya yang ada di masyarakat Indonesia. Pada setiap halaman terdapat gambar dan Pop Up yang menarik sehingga peserta didik tidak mudah bosan. Selain itu, materi yang diberikan dikemas dengan cantik dan menarik sehingga peserta didik dapat memahami materi dengan baik. |
|
Scrap Education Scrap Education merupakan media pembelajaran yang digunakan untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik mengenai bagaimana masyarakat saling berupaya untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Materi didalam SCRAP EDUCATION ini berupa klasifikasi pekerjaan berdasarkan kondisi geografis, sejarah alat tukar dari zaman pra aksara sampai zaman modern saat ini dan juga materi tentang Uang, OJK, Tabungan dan Investasi. Selain itu, juga terdapat materi mengenai bagaimana perilaku manusia mengelola uang dalam memenuhi kebutuhannya. SCRAP Education memberikan gambaran yang komprehensif mengenai dinamika ekonomi dari perspektif kesejarahan hingga perilaku keuangan kontemporer, memfasilitasi peserta didik untuk memahami pentingnya pengelolaan sumber daya dalam kehidupan sehari-hari. |
|
Alat Simulator Erupsi Gunung Berapi Adalah Alat Simulator Erupsi Gunung Berapi sebagai sarana edukasi yang berbentuk gunung berapi yang dapat mengeluarkan lava layaknya gunung berapi sungguhan. Alat ini digunakan dalam proses pembelajaran materi vulkanisme. Dengan alat ini peserta didik dapat memahami proses terjadinya vulkanisme serta dampak yang diakibatkan oleh adanya vulkanisme. Cara Penggunaan Simulator Erupsi Gunung Berapi yaitu: Pertama, siapkan alat simulator erupsi gunung berapi. Kedua, siapkan bahan yang akan digunakan, seperti Fanta atau Coca Cola dan permen mentos. Ketiga, masukkan minuman Fanta atau Coca Cola dan permen mentos ke dalam badan gunung. |
Kontak Kami
Jurusan Pendidikan IPS
Kampus Karang Malang- Yogyakarta
Tel: 0274-548202 (dekanat)
0274-586168 (operator)
Website: https://pendidikan-ips.fishipol.uny.ac.id/
Instagram: @pips_uny
Copyright © 2024,