Profile Laboratorium PIPS

PROFIL LABORATORIUM IPS

         Jurusan Pendidikan IPS, FISHIPOL, UNY bertekad untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pengajaran secara berkelanjutan, melalui peningkatan kualitas pembelajaran, peningkatan relevansi kurikulum, keprofesionalan tenaga pengajar dalam melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi, kualitas sarana dan prasarana, pemanfaatan teknologi pembelajaran, dan kualitas manajemen pembelajaran. Peningkatan kualitas pembelajaran dapat dilakukan dengan beberapa upaya salah satunya dengan melibatkan laboratorium sebagai wahana belajar dan pembelajaran mahasiswa.

         Manajemen dan pengelolaan sebuah laboratorium akan berpengaruh terhadap proses pembelajaran dan optimalisasi kinerja Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sebagai institusi, perguruan tinggi hendaknya memiliki sistem pengelolaan yang komprehensif dan strategis dalam menjalankan dan menata beberapa sarana, prasarana, dan kepemimpinannya guna mendukung optimalisasi peran, fungsi, dan tugas Tridarma Perguruan Tinggi. Salah satu sarana yang penting dan memadai dalam pengelolaan perguruan tinggi serta mendukung tercapainya misi dan tujuan perguruan tinggi dalam menjalankan tridarma adalah laboratorium perguruan tinggi. Berbagai laboratorium dimiliki oleh perguruan tinggi sesuai dengan konsentrasi keilmuan yang diajar-kembangkan sebagai pusat pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat salah satunya adalah Laboratorium Pendidikan IPS.

         Idealnya laboratorium merupakan suatu lembaga yang mampu merangsang daya kreativitas mahasiswa dalam segala bidang pengetahuan. Laboratorium sebagai penunjang pembelajaran selain perkuliahan di dalam kelas, sangat diperlukan sehingga untuk mencapai tujuan pembelajaran serta mendukung tercapainya visi misi Jurusan Pendidikan IPS. Laboratorium ber-SOP yang berlandaskan nilai unggul Universitas yakni taqwa, mandiri dan cendekia akan mengarah pada laboratorium Pendidikan IPS yang dapat menunjang proses perkuliahan serta sebagai sarana optimalisasi kinerja Tri Dharma Perguruan Tinggi.