Karya Inovatif Dosen

Buku Perencanaan pembelajaran IPS Integratif

Karya:  Dr. Raras Gistha Rosardi, S.Pd., M.Pd.  dan Prof. Supardi 

Buku Perencanaan pembelajaran IPS Integratif merupakan buku ajar yang berisi mengenai kajian bidang studi IPS membahas dari akar ilmu yaitu sejarah perkembangan IPS, konsep, dimensi keilmuan, tujuan serta manfaat. Buku ini juga menyesuaikan dengan kurikulum yang berlaku dengan pendekatan saintifik yang mudah dipahami oleh pembaca dalam implementasi. Selain itu, buku ini juga mengkaji dan membekali pembaca dengan teori-teori belajar yang relevan dengan penerapan pembelajaran IPS serta model pembelajaran yang inovatif dari penulis sendiri berkaitan dengan ekologi dan sosial. Kajian tentang Karakter, Generasi Z, Era Disruptif dan Revolusi Industri 5.0 juga ikut dibahas dalam buku ini dikaitkan dengan proses pembelajaran IPS. 

 

DASAR DASAR ILMU SOSIAL

Buku    : DASAR-DASAR ILMU SOSIAL

Karya : Prof. Dr. Supardi, M.Pd

 

Buku ini dimaksudkan untuk menjadi pegangan mahasiswa ilmu-ilmu sosial terutama yang mengambil mata kuliah Dasar-dasar llmu Sosial atau Pengantar llmu Sosial baik di Fakultas Pendidikan maupun Non Kependidikan. Sudah banyak buku-buku tentang ilmu sosial, namun sangat terbatas satu buku yang membahas secara ringkas dan mudah untuk memahami konsep dasar dalam ilmu-ilmu sosial. Berdasarkan pada masalah tersebut maka buku ini dirancang untuk memudahkan mahasiswa memahami konsep dasar ilmu sosial dan peranannya dalam kehidupan masyarakat. Dalam buku ini dibahas mengenai hakikat ilmu sosial dan hubungannya dengan filsafat, karakteristik ilmu sosial, dan kegunaan ilmu sosial.
Dalam Prodi Pendidikan Ilmu-ilmu sosial juga terdapat mata kuliah Dasar- dasar llmu Sosial, maka dalam buku ini dilengkapi tentang hakikat pendidikan ilmu-ilmu sosial di sekolah. Selama ini masih banyak kesan pembelajaran ilmu-ilmu sosial dirasa kering, membosankan, dan kurang bermakna, sehingga perlu dikenalkan bagaimana hakikat pendidikan ilmu sosial di sekolah. Secara khusus juga akan diperkaya tentang Pendidikan IPS di SMP sebagai bekal para guru ilmu sosial.

Dalam setiap bab akan dibahas hakikat setiap ilmu sosial yang menekankan pada pembahasan hakikat, konsep dasar, kegunaan, perkembangan, dan hubungannya dengan ilmu sosial lainnya. Beberapa perbedaan karakteristik metode penelitian yang terdapat dalam beberapa ilmu sosial juga akan disinggung seperti dalam penelitian sejarah dan etnografi. Diharapkan setelah mempelajari buku ini, mahasiswa memiliki penguasaan dasar tentang hakikat ilmu sosial, sehingga memperoleh makna yang sesungguhnya dalam mengembangkan akademik mereka di perguruan tinggi.

 

KEARIFAN LOKAL BUDAYA JAWA

Kearifan Lokal Budaya Jawa dalam Serat Wedhatama

KARYA: Dr. Sudrajat, M.Pd

 

Buku Kearifan Lokal Budaya Jawa dalam Serat Wedhatama karya Sudrajat mengeksplorasi nilai-nilai kearifan lokal yang terkandung dalam teks Jawa klasik, Serat Wedhatama. Buku ini diawali dengan pengantar mengenai situasi sosial, ekonomi, dan budaya di Jawa pada abad XIX, di mana terjadi pergeseran signifikan akibat kolonialisme. Kemudian, penulis menjelaskan mengenai degradasi nilai budaya, konsep local wisdom, serta kebudayaan Jawa secara umum, terutama dalam kaitannya dengan kekuasaan dan sastra.

Fokus utama buku ini adalah pembahasan mendalam tentang Serat Wedhatama, sebuah karya sastra Jawa yang kaya akan nilai-nilai filosofis dan etika. Penulis menyoroti ajaran-ajaran dalam Serat Wedhatama, seperti kepemimpinan, keberanian (satriya), kesederhanaan (prasaja), kesetiaan pada kebaikan (setya budya), keikhlasan (lila), dan religiusitas. Buku ini menegaskan pentingnya memahami dan menghidupkan kembali ajaran tersebut untuk menjaga identitas budaya Jawa di tengah kemajuan modernitas.

Buku ini merupakan karya yang sangat relevan bagi siapa saja yang tertarik dengan pelestarian nilai-nilai budaya tradisional dalam konteks perubahan sosial. Penulis berhasil mengaitkan ajaran Serat Wedhatama dengan tantangan globalisasi dan modernisasi yang mengancam hilangnya budaya lokal, terutama bagi masyarakat Jawa. Melalui pendekatan akademis yang mendalam, Sudrajat menyajikan interpretasi yang kaya tentang nilai-nilai etika dan moral yang terkandung dalam Serat Wedhatama.

Salah satu keunggulan buku ini adalah kemampuannya menghadirkan ajaran-ajaran klasik Jawa dalam konteks modern, sehingga pembaca tidak hanya mendapatkan wawasan tentang masa lalu, tetapi juga refleksi yang relevan dengan situasi masa kini. Namun, bagi pembaca yang tidak akrab dengan bahasa dan sastra Jawa, mungkin diperlukan penjelasan tambahan agar lebih mudah memahami istilah-istilah yang digunakan. Secara keseluruhan, buku ini merupakan kontribusi penting dalam usaha menjaga dan melestarikan kebudayaan lokal melalui pemahaman yang mendalam akan karya sastra klasik.

 

MODUL PERMISIF

PERMISIF: Pengaruh Tekanan Sosial dan Lamanya Berpacaran Terhadap Permisivitas Perilaku Berpacaran

KARYA: Prof. Dr. Drs. Saliman, M.Pd. dan Fritz Hotman S. Damanik, S.Sos., S.Pd.

 

“PERMISIF: Pengaruh Tekanan Sosial dan Lamanya Berpacaran Terhadap Permisivitas Perilaku Berpacaran”, pembaca akan dibawa untuk menjelajahi kompleksitas faktor-faktor yang memengaruhi tingkat permisivitas dalam perilaku berpacaran. Hal ini menyoroti bagaimana tekanan sosial dari lingkungan sekitar serta durasi hubungan berpacaran dapat mempengaruhi sikap dan tindakan individu terhadap norma-norma sosial yang berlaku dalam konteks berpacaran. Dengan pendekatan yang komprehensif, buku ini tidak hanya mengeksplorasi hubungan antara tekanan sosial dan lamanya berpacaran dengan permisivitas perilaku, tetapi juga mengidentifikasi implikasi yang mungkin timbul dari dinamika ini dalam pembentukan pola perilaku sosial di masyarakat.

Buku ini memberikan wawasan yang berharga bagi pembaca untuk memahami lebih dalam tentang bagaimana faktor-faktor eksternal dan internal memengaruhi sikap dan tindakan individu dalam konteks hubungan berpacaran. Dengan demikian, “PERMISIF” tidak hanya menjadi sumber referensi yang bermanfaat bagi para peneliti dan akademisi di bidang sosiologi dan psikologi, tetapi juga memberikan pemahaman yang lebih luas bagi masyarakat umum tentang kompleksitas dinamika sosial dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam hal hubungan interpersonal.

 

Sketsa Pembelajaran IPS

BUKU SKETSA PEMBELAJARAN IPS MENUJU PEMBELAJARAN ABAD 21

KARYA: Dr. Sudrajat, M. Pd. , Prof. Dr. Saliman, M. Pd., Dr. Supardi, M. Pd.

 

Pendidikan IPS ditujukan untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dasar siswa untuk menjadikannya sebagai warga negara yang demokratis, jujur, dan mampu beradaptasi dengan perubahan. IPS sangat erat kaitannya dengan persiapan anak didik untuk berperan aktif atau berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia dan terlibat dalam pergaulan masyarakat dunia (global society). Peranan IPS yang signifikan terlihat dalam mengarahkan dan membimbing anak didik pada nilai-nilai dan perilaku yang demokratis, memahami dirinya dalam konteks kehidupan masa kini, memahami tanggung jawabnya sebagai bagian dari masyarakat global yang interdependen.

 

Sayangnya pembelajaran IPS di berbagai jenjang pendidikan, khususnya jenjang pendidikan menengah (SMP) masih jauh panggang dari api. Tujuan menjadikan warga negara yang baik masih sangat jauh dari jangkauan. Yang tersaji adalah banyaknya peserta didik yang acuh tak acuh, kurang jujur, bahkan telah memiliki bakat sebagai kriminal. Oleh karenanya diperlukan upaya yang serius agar pembelajaran IPS dapat berdaya guna menjadikan peserta didik sebagai warga masyarakat dan warga negara yang baik. Penciptaan kelas-kelas pembelajaran IPS yang menyenangkan, aktif, dan inovatif dengan demikian menjadi penting. Oleh karenanya mendesain pembelajaran dan menggunakan media pembelajaran IPS yang menyenangkan dan up to date menjadi kebutuhan mendesak. Melalui buku ini diharapkan pembaca dapat memperoleh insight bagaimanakah mendesain pembelajaran IPS yang menyenangkan, Selamat membaca.

 

Book Chapter REFLEKSI PENDIDIKAN INDONESIA

Book Chapter ini berisi mengenai tulisan-tulisan ilmiah tentang refleksi pendidikan yang sudah dilaksanakan di Indonesia dengan segala dinamika dan tantangannya. Buku ini akan membawa kita pada paradigma pendidikan Indonesia berlandaskan pada nilai-nilai dan falsafah pancasila, nilai luhur bangsa, pembangunan karakter bangsa dan kearifan lokal. Dalam tulisan ini menggambarkan mengenai implementasi pendidikan berlandaskan pada kurikulum yang berlaku di Indonesia. Buku ini dapat dijadikan refleksi untuk perbaikan kurikulum yang berlaku di Indonesia dan meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di Indonesia. 

Modul

....

BUKU PENDIDIKAN LIFE SKILLS MELALUI PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN

KARYA: RARAS GISTHA ROSARDI 

           Pendidikan Life Skills menjadi modal bagi manusia untuk dapat membawa diri, menjadi pribadi yang unggul, memiliki pemikiran visioner dan dapat mengolah minat dan bakat untuk di upgrade menjadi ketrampilan dan keahlian tertentu. Saat ini pemerintah era Presiden Jokowi mengkampanyekan “SDM Unggul” tentu memerlukan langkah strategis untuk dapat menghasilkan SDM Unggul tersebut dimulai dari pendidikan baik keluarga, sekolah dan masyarakat.Pembelajaran kewirausahaanlah yang sudah teruji mampu mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan Life Skills yang dicanangkan oleh pemerintah. Buku ini berdasarkan pada hasil penelitian pembelajaran kewirausahaan di SMA mampu menumbuhkan kecakapan Vokasional. Penulis mengaku cukup berani dan tertantang karena kewirausahaan tidak identic di SMA akan tetapi di SMK atau dahulu dikenal dengan SMEA. Penulis ingin membuktikan bahwa melalui pembelajaran kewirausahaan yang terintegrasi pada mata pelajaran Ekonomi akan menumbuhkan dan mengembangkan kemampuan mengenali potensi wirausaha pada peserta didik. Kemampuan konseptor, manajerial dan leadership yang dimiliki oleh anak SMA karena mereka disiapkan untuk melanjutkan bangku Kuliah maka kewirausahaan yang tumbuh pada siswa SMA dapat dibuktikan dengan siswa mampu mengidentifikasi minat dengan menyebutkan kecenderungan karir yang mengarah pada mandiri kerja atau mandiri usaha. Selain itu, mampu menunjukkan dan memanfaatkan potensi diri melalui lembar kerja kewirausahaan yang menggambarkan bahwa siswa mampu menulis kekuatan yang ada pada dirinya, menganalisis peluang usaha dan menuangkan ide kreasi wirausaha serta menyusun dalam rencana bisnis. Tidak hanya itu, siswa mampu mempertanggungjawabkan hasil karya tersebut kepada siswa lain dan melakukan diskusi antar siswa. 

Buku ini juga dilengkapi dengan media pembelajaran Entrepreneur Skills Book (ESB) yang dapat menjadi jembatan untuk mendampingi peserta didik yang dapat digunakan pada jenjang pendidikan SD, SMP, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi. Media pembelajaran ESB sangat mendukung iklim pembelajaran yang mandiri, kreatif dan komunikatif sesuai dengan ruh pendidikan Life Skills. Buku ini wajib dimiliki oleh Guru, Dosen, Peneliti, Mahasiswa dan Umum yang tertarik pada bidang pendidikan Life Skills dan Kewirausahaan. 

Selamat Membaca