Sketsa Pembelajaran IPS

BUKU SKETSA PEMBELAJARAN IPS MENUJU PEMBELAJARAN ABAD 21

KARYA: Dr. Sudrajat, M. Pd. , Prof. Dr. Saliman, M. Pd., Dr. Supardi, M. Pd.

 

Pendidikan IPS ditujukan untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dasar siswa untuk menjadikannya sebagai warga negara yang demokratis, jujur, dan mampu beradaptasi dengan perubahan. IPS sangat erat kaitannya dengan persiapan anak didik untuk berperan aktif atau berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia dan terlibat dalam pergaulan masyarakat dunia (global society). Peranan IPS yang signifikan terlihat dalam mengarahkan dan membimbing anak didik pada nilai-nilai dan perilaku yang demokratis, memahami dirinya dalam konteks kehidupan masa kini, memahami tanggung jawabnya sebagai bagian dari masyarakat global yang interdependen.

 

Sayangnya pembelajaran IPS di berbagai jenjang pendidikan, khususnya jenjang pendidikan menengah (SMP) masih jauh panggang dari api. Tujuan menjadikan warga negara yang baik masih sangat jauh dari jangkauan. Yang tersaji adalah banyaknya peserta didik yang acuh tak acuh, kurang jujur, bahkan telah memiliki bakat sebagai kriminal. Oleh karenanya diperlukan upaya yang serius agar pembelajaran IPS dapat berdaya guna menjadikan peserta didik sebagai warga masyarakat dan warga negara yang baik. Penciptaan kelas-kelas pembelajaran IPS yang menyenangkan, aktif, dan inovatif dengan demikian menjadi penting. Oleh karenanya mendesain pembelajaran dan menggunakan media pembelajaran IPS yang menyenangkan dan up to date menjadi kebutuhan mendesak. Melalui buku ini diharapkan pembaca dapat memperoleh insight bagaimanakah mendesain pembelajaran IPS yang menyenangkan, Selamat membaca.